3. PERAN,FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
A.Peran media pembelajaran
matematika
Sesuai dengan tujuan diberikannya
matematika di sekolah, kita dapat melihat bahwa matematika sekolah memegang
peranan sangat penting. Anak didik memerlukan matematika untuk memenuhi
kebutuhan praktis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa
kegiatan yang dapat dilakukan siswa/i dari pembelajaran matematika, diantaranya
:
1.
Dapat
berhitung,
2.
Dapat
menghitung isi dan berat,
3.
Dapat
mengumpulkan,
4.
Dapat mengolah
data,
5.
Dapat
menyajikan data,
6.
Dapat
menafsirkan data dan
7.
Dapat
menggunakan kalkulator dan komputer.
B. B.
Fungsi
Pembelajaran Matematika
Fungsi matematika adalah sebagai media atau sarana siswa dalam
mencapai kompetensi. Dengan mempelajari materi matematika diharapkan siswa
akan dapat menguasai seperangkat kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena
itu, penguasaan materi matematika bukanlah tujuan akhir dari pembelajaran
matematika, akan tetapi penguasaan materi matematika hanyalah jalan mencapai
penguasaan kompeten.
Berikut
penjelasan mengenai fungsi pembelajaran matematika :
1.
Matematika sebagai suatu alat
Maksudnya adalah guru hendaklah sangat
diharapkan agar para siswa diberikan penjelasan untuk melihat berbagai contoh
dalam penggunaan matematika sebagai alat untuk memecahkan masalah dalam mata
pelajaran lain, dalam kehidupan kerja atau dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Matematika sebagai Pola Pikir
Dalam
pembelajaran matematika, para siswa dibiasakan untuk memperoleh pemahaman
melalui pengalaman tentang sifat-sifat yang dimiliki dan yang tidak dimiliki
dari sekumpulan objek (abstraksi). Dengan pengamatan terhadap contoh-contoh
diharapkan siswa mampu menangkap pengertian suatu konsep. Selanjutnya dengan
abstraksi ini, siswa dilatih untuk membuat perkiraan, terkaan, atau
kecenderungan berdasarkan kepada pengalaman atau pengetahuan yang dikembangkan
melalui contoh-contoh khusus (generalisasi). Di dalam proses penalarannya
dikembangkan pola pikir induktif
C.Manfaat Media Pembelajaran Matematika
Media
pembelajaran dapat diartikan semua benda yang menjadi perantara dalam
terjadinya proses pembelajaran.jadi seorang guru dalam menyampaikan sebuah
materi pembelajaran perlu menggunakan media ,agar tujuan pembelajaran dapat
tercapai dengan efektif dan efesien dan mempertinggi dalam proses pembelajaran
o Fungsi
Media Pembelajaran
Membantu memudahkan belajar bagi siswa dan juga memudahkan pengajaran bagi guru.
Membantu memudahkan belajar bagi siswa dan juga memudahkan pengajaran bagi guru.
o Memberikan
pengalaman lebih nyata (abstrak menjadi kongkret).
o Menarik
perhatian siswa lebih besar (jalannya tidak membosankan).
o Semua
indera murid dapat diaktifkan.
o Lebih menarik perhatian dan minat murid dalam
belajar.
o Dapat
membangkitkan dunia teori dengan realitanya.
Menurut Ensiclopedi of Educational
Reseach, nilai atau manfaat media pendidikan adalah sebagai berikut:
Meletakkan dasar-dasar yang kongkret
untuk berfikir sehingga mengurangi verbalitas.
Memperbesar perhatian siswa.
Meletakkan dasar yang penting untuk
perkembangan belajar oleh karena itu pelajaran lebih mantap.
Memberikan pengalaman yang nyata.
Menumbuhkan pemikiran yang teratur
dan kontinu.
Membantu tumbuhnya pengertian dan dengan
demikian membantu perkembangan bahasa.
Memberikan pengalaman yang tidak
diperoleh dengan cara yang lain.
Media pendidikan memungkinkan
terjadinya interaksi langsung antara guru dan murid.
Media pendidikan memberikan pengertian atau konsep
yang sebenarnya secara realita dan teliti.
Media pendidikan membangkitkan
motivasi dan merangsang kegiatan belajar
Alasan media pembelajaran berkenaan
dapat mempertinggi proses belajar siswa
sebagai berikut :
sebagai berikut :
1) Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat
menumbuhkan motifasi belajar.
2) Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat
dipahami dan dikuasai siswa.
3) Metode pengajaran
akan lebih variasi, tidak semata-mata komunikasi verbal.
4) Siswa lebih banyak
melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengar uraian guru, tetapi
juga punya aktifitas lain seperti mengamati, merumuskan, melakukan dan
mendemonstrasikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar